45 Tempat Wisata di Bandung Lagi Hits dan Rame 2018

Tempat Wisata di Bandung Lagi Hits 2018 

Sebuatan “Kota Kembang” dan “Paris Van Java” yang melekat pada kota Bandung di masa lampau merupakan sebuah pengakuan dari mereka yang pernah berkunjung ke ibukota Propinsi Jawa Barat ini akan keindahan alamnya serta ragam seni budayanya yang unik dan menarik.
Indahnya panorama alam yang dimiliki Bandung dan daerah di sekitarnya tersebut, tidak lepas dari kondisi geografisnya yang berada di dataran tinggi dan dikelilingi tiga pegunungan. Anugerah dalam bentuk keindahan alam itulah yang selanjutnya berkembang menjadi obyek wisata, dan lebih dikembangkan lagi dengan membuat tempat-tempat rekreasi baru guna menambah daya tarik para wisatawan.
Tidak berhenti sampai di situ, peningkatan di sektor pariwisata yang terus dilakukan oleh pemerintah daerah setempat juga telah membuat nama Bandung identik dengan wisata belanja dan wisata kuliner. Sehingga jenis wisata apa saja yang ingin dikunjungi wisatawan, semuanya dapat ditemui di Bandung.
Inilah daftar tempat wisata di Bandung yang wajib dikunjungi beserta gambarnya, keterangannya serta jalur transportasinya, sehingga mempermudah Anda saat berkunjung ke destinasi wisata tersebut.

1. Curug Tilu Leuwi Opat

Alamat: JL. Kp. Ciwangun Indah Camp, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.10.000
Operasional: 06.00 – 18.00 WIB
Telepon: 0812-2224-6821

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/tempat-wisata-di-bogor-terbaru-yang.html
Curug Tilu Leuwi Opat (foto: wisatalova.com)

Dinamakan Curug Tilu (Tiga), karena air terjun ini memiliki 3 tingkatan. Curug pertama adalah Curug Tilu Leuwi Opat dengan ketinggian sekitar 3 meter dan menjadi suguhan utama wisata ini karena di dekatnya terdapat Camping Ground Ciwangun Indah Camp.
Sesuatu yang unik dan menarik untuk dilihat dari air terjun ini adalah adanya asap yang unik yang berasal dari cipratan air terjun. Sayang sekali kolam di dasar air terjun cukup berisiko jika digunakan untuk aktifitas berenang karena kedalamannya sekitar 15 meter.
Curug kedua dinamakan Curug Kecapi yang tidak terlalu tinggi dan debit airnya juga kecil namun sangat jernih. Sedang curug ketiga dikenal dengan nama Curug Sawer.

2. Curug Malela

Alamat: Desa Cicadas, Kecamatan Rongga Gunung Halu
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.10.000
Operasional: 24 Jam

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/tempat-wisata-di-bogor-terbaru-yang.html
Curug Malela (foto: flora-pasaribu.blogspot.co.id)

Besar dan mempesona, gambaran itulah yang pantas untuk melukiskan Curug Malela pada saat debit air sedang besar dan aliran air yang melintasi air terjun ini sedang deras.
Karena Curug Malela yang memiliki 5 jalur air terjun ini memang berketinggian 60 meter dengan lebar sekitar 70 meter. Kemegahan dan keindahan air terjun ini, bila dilihat dari kejauhan menyerupai benang-benang sutra yang halus dan berkilauan.

3. Gunung Artapela

Alamat: Desa Sukapura, Kecamatan Kertasari
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.5.000
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Telepon: 0812-2380-3013

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/21-tempat-wisata-di-bekasi-nah.html
Gunung Artapela (foto: crazytravelmate.com)

Eksotisme pemandangan alam dengan hamparan hijau rerumputan dan pepohonan yang berselimut kabut menjadi daya tarik utama bagi para pendaki yang berpetualang di gunung yang sudah tidak aktif ini. Terlebih pada saat matahari sedang terbit atau akan tenggelam, sunrise dan sunset yang disuguhkan keindahannya sulit untuk  dilukiskan dengan kata-kata.
Di puncak gunung yang memiliki ketinggian 2.194 meter dpl ini juga dapat dijumpai padang rumput dan ilalang seluas 40 hektar yang menyajikan pemandangan khas dan tidak dijumpai di tempat lain. Tidak hanya itu, tepat di bawah puncak Artapela Pengalengan, pendaki juga dapat menjumpai danau alam yang menawan yang dikenal dengan nama Danau  Aul.

4. Gunung Nini

Alamat: Perkebunan Teh Malabar, Desa Margaluyu, Kecamatan Pangalengan
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.5.000
Operasional: 24 Jam

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/21-tempat-wisata-di-bekasi-nah.html
Gunung Nini (foto: sportourism.id)

Keindahan sunrise dan sunset hanya salah satu dari pesona yang disuguhkan oleh Gunung Nini atau Bukit Nini yang memiliki ketinggian 1.600 meter dpl dan berada di kawasan Bandung Selatan ini.
Keindahan lainnya akan dijumpai saat sudah sampai di atas bukit. Karena di tempat ini terdapat sebuah saung yang fungsinya sama dengan Gardu Pandang, yakni untuk menikmati keindahan alam sekitar dari atas ketinggian.
Dengan dikelilingi perkebunan teh seluas 2.022 hektar, membuat pendaki yang sudah mencapai saung di atas bukit akan dapat merasakan sensasi tersendiri saat melihat hamparan hijau yang mengelilingi bukit.

5. Saung Angklung Mang Udjo

Alamat: JL. Padasuka No.116, Desa Pasirlayung, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Senin- Jumat Rp.60.000, Sabtu – Minggu Rp.75.000
Operasional: 09.00 – 15.30 WIB
Telepon: (022) 7271714

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/21-tempat-wisata-di-bekasi-nah.html
Saung Angklung Mang Udjo (foto: reportaseharga.com)

Saung Angklung Mang Udjo selain menjadi destinasi wisata budaya dan edukasi juga merupakan satu-satunya Pusat Kesenian Tradidional Angklung.
Dengan membayar tiket yang relatif murah, pengunjung sudah dapat menikmati suasana padepokan kesenian angklung yang asri dan nyaman untuk digunakan sebagai tempat beristirahat, sekaligus mendapatkan Welcome Drink dan menikmati pertunjukan kesenian angklung selama 2 jam.
Pertunjukan yang dimainkan oleh anak-anak bahkan sebagian besar berumur kurang dari 10 tahun tersebut meliputi permainan musik angklung, Arumba yakni tarian tradisional Sunda yang diiringi musik angklung, wayang golek, tari Jaipong dan Helaran yakni ritual syukuran yang menjadi tradisi masyarakat Sunda.
Di lokasi Saung Angklung Mang Udjo juga terdapat toko souvenir yang menjual berbagai macam kerajinan tangan dalam bentuk wayang golek, gantungan kunci, sandal, tas dan berbagai macam souvenir lainnya, termasuk alat-alat musik angklung.
Jika ingin menikmati lebih lama suasana wisata budaya yang ada di tempat ini, tersedia pula Guest House yang dapat disewa dengan harga Rp.300.000 – Rp.900.000 permalam.

6. Situ Cisanti

Alamat: Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.7.500
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/21-tempat-wisata-di-bekasi-nah.html
Situ Cisanti (foto: jengkaljengkalcerita.blogspot.co.id)

Danau dengan air yang jernih menjadi suguhan utama bagi wisatawan yang berkunjung ke sini. Selain itu, keindahan panorama alam di area seluas hampir 10 hektar tersebut juga bakal memanjakan mata siapapun.
Karena lokasi wisata yang dipenuhi pepohonan ini dikelilingi dengan gunung-gunung yang menjulang tinggi, yaitu Gunung Wayang, Gunung Malabar, Gunung Rakutak, Gunung Kendang dan Gunung Bedil. Perpaduan hijaunya pepohonan dengan latar belakang pegunungan itulah yang menciptakan pemandangan alam yang sangat indah.

7. Bukit Gantole Cililin

Alamat: Desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Gratis
Operasional: 24 Jam

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/21-tempat-wisata-di-bekasi-nah.html
Bukit Gantole Cililin (foto: wisatajabodetabek.wordpress.com)

Dinamakan Bukit Gantole karena di bukit yang memiliki ketinggian 392 meter dpl ini dulu pernah dipakai sebagai venue cabang olah raga Gantole pada penyelenggaraan PON XIX Jawa Barat. Untuk mencapai lokasi, pengunjung harus berjalan sekitar 5 km dari desa Tanjungjaya dengan jalan menanjak yang memiliki kemiringan hingga 45 derajat.
Sehingga bagi mereka yang memiliki hobby tracking menyusuri medan-medan berat dan menembus rimbun pepohonan, perjalanan menuju Bukit Gantole bakal menjadi perjalanan yang sangat menyenangkan.
Meski fasilitas yang ada di puncak bukit sangat minim, namun pengunjung akan terpuaskan dengan keindahan pemandangan di sebelah utara bukit berupa tempat-tempat wisata yang ada di Cimahi, di kawasan Lembang dan tempat wisata yang ada di Dago saat dilihat dari ketinggian.
Termasuk juga hamparan persawahan, perkampungan penduduk, hamparan air waduk Saguling serta Gunung Malabar yang tampak eksotis saat dilihat dari kejauhan.

8. Curug Cimahi 

Alamat: JL. Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.15000
Operasional: 08.00 – 21.00 WIB

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/21-tempat-wisata-di-bekasi-nah.html
Curug Cimahi (foto: buruan.co)

Air terjun yang berada di ketinggian 1.050 meter dpl ini berbeda dengan wisata air terjun pada umumnya yang ada di Indonesia, karena pihak Perhutani KPH Bandung Utara selaku pengelola tempat wisata ini telah memasukkan unsur pencahayaan dengan mengadopsi salah satu wisata air terjun yang ada di Amerika tepatnya di negara bagian Colorado.
Dengan memasukkan unsur pencahayaan yakni memasang lampu berwarna-warni di bagian belakang air terjun, membuat air yang jatuh dari ketinggian 71 meter, sebelum sampai di dasar air terjun menebarkan kilauan warna-warni menyerupai pelangi, sehingga tampak semakin indah.
Kawasan Curug Cimahi yang juga menjadi habitat kera ini benar-benar dikelola secara profesional, sehingga tidak sulit bagi para wisatawan memperoleh spot yang cantik untuk dibidik dengan lensa kamera.
Selain itu beberapa fasailitas juga telah disiapkan, seperti pagar pengaman, bangku-bangku untuk beristirahat, Pusat Informasi dan Pos Jaga, Shelter, Mushollah, Piknik Site, lahan parkir dan berbagai fasilitas untuk membuat para wisatawan merasa aman dan nyaman.

9. Situ Cileunca

Alamat: Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.10.000
Operasional: 24 Jam

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/21-tempat-wisata-di-bekasi-nah.html
Situ Cileunca (foto: wisatania.com)

Berada di ketinggian 1.500 meter dpl dan dikelilingi perkebunan teh membuat keindahan alam yang dihadirkan Situ Cileunca berpadu dengan sejuk dan segarnya udara. Terlebih lokasi wisata ini juga diapit oleh tebing dan pegunungan yaitu Papandayan, Sepuh dan Malabar.
Situ Cileunca sendiri sebenarnya merupakan waduk PLTA (Pusat Listrik Tenaga Air) yang menampung air dari Sungai Palayangan yang selama ini dikenal sebagai tempat untuk beraktifitas arung jeram. Dengan area waduk seluas 1.400 hektar, berbagai aktifitas wisatapun menyertai tempat ini, seperti berkemah di Camping Ground yang telah tersedia, menyusuri permukaan danau dan memancing dengan menyewa perahu nelayan, mengunjungi kebun strawberry di sekitar lokasi wisata, dan memompa adrenalin lewat aktifitas arung jeram.

10. Ciwangun Indah Camp

Alamat: JL. Kolonel Masturi RT.03 RW.15, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.7.000
Operasional: 07.00 – 19.30 WIB
Telepon: (022) 61005867


http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/21-tempat-wisata-di-bekasi-nah.html
Ciwangun Indah Camp (foto: wisatabdg.com)

Bagi para pecinta wisata outbond, Ciwangun Indah Camp (CIC) bakal memberi kepuasan, karena  selain lokasinya berada di tengah kawasan Wisata Lembang yang dipenuhi pepohonan besar dan berbagai jenis tanaman bunga yang indah, tempat ini juga menyediakan berbagai jenis kegiatan wisata alam, mulai dari hiking, Fun Games, Camping Ground, Team Building hingga Company Gathering. Tidak heran jika CIC mendapat julukan Training Camp.
CIC sendiri sebenarnya merupakan Desa Wisata dengan luas sekitar 22 hektar. Dengan kontur daerah berupa lembah dan perbukitan membuat tempat ini penuh dengan spot yang indah. Sehingga selain melatih fisik lewat aktifitas outbond, pengunjung yang datang ke sini juga dapat menikmati keindahan hutan pinus, kebun teh, sungai Situ Lembang, lembah-lembah, danau buatan, serta mengunjungi kebun strawberry.
Sedang berbagai fasilitas yang disediakan bagi para pengunjung, diantaranya adalah: Camping Ground, Area Outbond, 3 buah saung yang masing-masing dapat menampung 100 orang, gazebo di beberapa titik peristirahatan, Saung Makan yang menyediakan berbagai macam menu khas Jawa Barat dan makanan Nusantara lainnya, Masjid, Aula, Villa serta lahan parkir yang luas.

11. Pemandian Air Panas Ciater

Alamat: JL. Raya Ciater, Desa Nagrak, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Mulai dari Rp.15.000
Operasional: 24 Jam
Telepon: (0260) 471700, 0812-2436-5169

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/21-tempat-wisata-di-bekasi-nah.html
Pemandian Air Panas Ciater (foto: anekatempatwisata.com)

Sumber air panas yang mulai dikembangkan oleh pemerintah sejak tahun 1968 ini tidak hanya dikenal oleh para wisatawan dari dalam negeri tapi juga turis mancanegara. Karena itu pula di lokasi pemandian  disiapkan sejumlah fasilitas seperti Ciater Spa Resort, Spa and Restaurant, Gracia Spa Resort Hotel, dan Puspa Sari Hotel.
Berbagai macam wahana juga melengkapi Pemandian Air Panas Ciater, mulai dari wahana permainan anak, fasilitas olah raga, Camping Ground, Outbond Area, Kolam Pemancingan, serta Ruang Konferensi yang memiliki Ruang Makan yang luas.
Sumber air panas yang mengalir di Ciater berasal dari Gunung Tangkuban Perahu yang mengairi wilayah seluas 30 hektar, sehingga pemanfaatannya tidak hanya untuk pemandian saja, tapi juga untuk irigasi sawah. Khusus untuk air panas yang dimanfaatkan sebagai  pemandian, temperaturnya sekitar 37 – 42 derajat Celcius. Kolam pemandian tersebut memiliki berbagai macam jenis dan berbagai macam harga. Ada kolam sederhana yang hanya bisa dipakai untuk berendam, ada juga kolam dengan ukuran luas yang dapat dipakai untuk berenang.

12. Puncak Ciumbuleuit

Alamat: JL. Rereongan Sarupi, Desa Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung
Koordinat: Klik Disini
Operasional: 08.00 – 00.00 WIB

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/21-tempat-wisata-di-bekasi-nah.html
Puncak Ciumbuleuit (foto: tesyasblog.com)

Berada di kawasan pegunungan berdataran tinggi dengan jarak sekitar 7 km dari kota Bandung, Puncak Ciumbuleuit yang populer dengan sebutan Punclut ada diketinggian 1000 meter dpl. Dengan lokasi yang ada di atas ketinggian itulah membuat udara di kawasan ini terasa sejuk pada siang hari dan sangat dingin pada malam hari.
Punclut yang menempati areal seluas 290 hektar memiliki daya tarik tersendiri sebagai objek wisata, karena dari tempat ini, landskap kota bandung yang eksotis berpagar Gunung Malabar dan Gunung Patuha dapat dilihat secara utuh, termasuk beberapa landmark yang ada di kota Bandung seperti Menara Kembar Masjid Raya Jawa Barat, Jembatan Layang Surapati, dan alun-alun kota Bandung.

13. Bandung Treetop Adventure Park

Alamat: Cikole Jayagiri Resort, JL. Tangkuban Perahu Km.28, Desa Cikole
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Mulai dari Rp.10.000
Operasional: 08.00 – 16.30 WIB
Telepon: (022) 82780672

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/tempat-wisata-di-bogor-terbaru-yang.html
Bandung Treetop Adventure Park (foto: petatempatwisata.com)

“Fun, Adventure and Adrenalin” tema itulah yang diusung Bandung Treetop Adventure Park yang merupakan salah satu dari 350 cabang Treetop Adventure Park yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Para pengunjung yang datang ke sini akan disuguhi dengan berbagai macam wahana permainan yang memacu adrenalin sehingga butuh nyali yang besar.
Untuk dapat bermain di tempat wisata petualangan ini, biaya yang harus dikeluarkan ada 2 kategori, yaitu: untuk turis lokal Rp. 180.000 (Dewasa), Rp.125.000 (Anak-anak) dan Rp.480.000 (Family/2 dewasa & 2 anak), sedang untuk turis Internasional USD 20 (Dewasa) dan USD 14 (Anak-anak). Biaya tersebut untuk bermain selama 150 menit di 8 tingkatan sirkuit yang memiliki 88 tantangan dan 24 flying fox. Biaya sudah termasuk sewa peralatan keselamatan, air minerl, supporting instruktur profesional, serta asuransi.

14. Terminal Wisata Grafika Cikole

Alamat: JL. Tangkuban Perahu Km. 8, Desa Cikole
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Gratis
Operasional: 08.00 – 22.00 WIB
Telepon: (022) 82782441

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/tempat-wisata-di-bogor-terbaru-yang.html
Terminal Wisata Grafika Cikole (foto: piknikasik.com)

Kawasan Wisata Terpadu yang lebih dikenal dengan nama Terminal Wisata Grafika Cikole ini memadukan wisata kuliner yang ditunjang dengan fasilitas hotel serta menghadirkan keindahan alam karena lokasinya memang berada di kaki Gunung Lembang yang dikenal memiliki panorama alam yang eksotis.
Di area perbukitan yang memiliki ketinggian 1.400 meter dpl dengan luas 9 hektar membuat suhu udaraTerminal Wisata Grafika Cikole selalu sejuk. Terlebih di sekelilingnya berbalut pohon-pohon pinus. Keindahan alam di sekeliling tempat Wisata Terpadu ini juga sering dimanfaatkan  untuk pengambilan foto pre-wedding, sedang hotel Grafika Cikole yang ada di lokasi kerapkali disewa oleh pasangan yang sedang menikmati bulan madu.

16. Situ Lembang

Alamat: Desa Karyawangi, Kecamatan Parongpong
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.10.000
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/tempat-wisata-di-bogor-terbaru-yang.html
Situ Lembang (foto: tempatwisatadibandung.info)

Danau Buatan yang dibuat oleh pemerintah Belanda sekitar tahun 1912 ini berlokasi di 2 kaki pegunungan sekaligus yaitu Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Burangrang. Situ Lembang juga merupakan penampungan air terbesar di Bandung yang airnya dimanfaatkan sebagai bahan baku air bersih.
Banyak yang menyebut danau yang berada di ketinggian 1.570 meter dpl ini mirip dengan setting alam yang ada di film “Lord of The Ring”. Pendapat tersebut muncul karena kawasan hutannya yang masih alami dan terjaga keindahannya. Dengan suguhan panorama yang eksotis itulah membuat para wisatawan tidak pernah melewatkan untuk berburu spot menarik untuk dijadikan background foto.

17. Stone Garden Geo Park

Alamat: Desa Gunung Massigit, Kecamatan Cipatat
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.10.000
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/tempat-wisata-di-bogor-terbaru-yang.html
Stone Garden Geo Park (foto: petatempatwisata.com)

Kawasan gunung batu kapur yang berada pada ketinggian 709 meter dpl ini berada di puncak Gunung Pawon. Dengan luas sekitar 2 hektar tempat ini menyuguhkan keindahan alam sekitar saat dilihat dari ketinggian. Sedang untuk pemandangan yang ditawarkan di lokasi wisata, berupa batu-batu gamping yang berdiri secara alami dengan susunan tidak beraturan, sehingga menciptakan pemandangan yang eksotis.

18. Bukit Moko

Alamat: Cimenyan
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Gratis
Operasional: 24 Jam

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/tempat-wisata-di-bogor-terbaru-yang.html
Bukit Moko (foto: djamandoeloe.com)

Di sinilah titik tertinggi Bandung dengan ketinggian 1.500 meter dpl. sehingga merupakan tempat terbaik untuk melihat seluruh wilayah Bandung. Meski berlokasi di titik tertinggi, Anda tidak perlu mencemaskan perut saat berkunjung ke sini, karena di puncak Bukit Moko terdapat sebuah warung yang bernama “Warung Daweung”
Bukit Moko merupakan salah satu tempat favorit anak-anak muda yang banyak memenuhi lokasi pada malam – pagi hari, karena pada malam hari mereka dapat menikmati citylight yakni ribuan bintik-bintik cahaya dari kota Bandung yang menciptakan suasana romantis. Sedang pada pagi hari mereka dapat menikmati keindahan sunset yang muncul dari balik gunung.

19. NuArt Sculpture Park

Alamat: JL. Setraduta Raya No.L6 Ciwaruga
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Gratis
Operasional: 09.00 – 21.00 WIB
Telepon: (022) 2018812, 2018816, 2020414

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/tempat-wisata-di-bogor-terbaru-yang.html
NuArt Sculpture Park (foto: id.pinterest.com)

NuArt Sculpture Park adalah tempat tinggal sekaligus gallery seni dan museum dari salah satu maestro pemahat kelas dunia asal Indonesia, I Nyoman Nuarta. Salah satu karya fenomenalnya yang sudah dinikmati jutaan orang adalah Patung Garuda Wisnu yang ada di Bali.
Berkunjung ke NuArt Sculpture Park dapat menjadi wisata budaya sekaligus wisata edukatif yang akan memperluas pengetahuan Anda tentang dunia seni rupa, sekaligus menikmati karya-karya seni pahat yang mengagumkan. Penataan dekorasi ruangan dan desain outdoor dari landmark ini juga bakal membuat Anda betah berlama-lama di sekitar lokasi.
Terdapat beberapa fasilitas yang melengkapi NuArt Sculpture Park, yaitu: “Sculpture Park” yang memajang hasil karya seni patung, “Gallery Nuart Building” yang menjadi ruang pameran, “Nesti” adalah nama cafe yang ada di sini, “Craft Boutique” tempat menjual miniatur karya Nyoman Nuarta dan karya seniman serta pengrajin lokal dan internasional, serta “Workshop” yang merupakan ruang kerja pemilik gallery dan hanya dibuka pada hari Sabtu dan Minggu saja.

20. Pine Forest Camp

Alamat: JL. Maribaya Timur, Kampung Cibeunying Kaler, Desa Cibodas, Kabupaten Bandung Barat
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Harga Paket Camping mulai Rp.150.000
Operasional: 24 Jam
Telepon: (022) 5204292, 0811-2237-065, 0812-2329-685

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/tempat-wisata-di-bogor-terbaru-yang.html
Pine Forest Camp (foto: poppylatifah.com)

Bermalam di alam bebas dengan fasilitas exclusive camping di area camping ground yang berpagar pohon-pohon pinus tentu bakal menjadi pengalaman yang menyenangkan. Sensasi itulah yang ditawarkan Pine Forest Camp.
Selain itu berbagai fasilitas juga telah disiapkan oleh pihak pengelola, seperti area api unggun, jalur tracking, kolam aktifitas, air bersih, gazebo, kamar mandi umum, aula terbuka, mushollah, serta yang lain.
Untuk pengunjung yang hanya ingin menikmati keindahan alam sekitar namun tidak berniat untuk bermalam di bawah tenda, tersedia 2 unit villa indoor yang dapat disewa.
Dengan fasilitas yang lengkap, berbagai aktifitas dapat digelar di tempat ini, seperti Paintball War Simulations Games, High Rope Course & Flying fox, Outdoor Party and Games, Team Building/Outbond Training, serta Family Gathering/Company Gathering.

21. Gua Pawon

Alamat: Gunung Masigit, Desa Cipatat, Kecamatan Padalarang
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.10.000
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/tempat-wisata-di-bogor-terbaru-yang.html
Gua Pawon (foto: padmagz.com)

Gua Pawon cukup menarik sebagai objek wisata sejarah karena tempat ini merupakan situs purbakala yang menjadi cikal bakal masyarakat Sunda. Lokasi goa seluas 300 meter2 ini berada di puncak Bukit Pawon dengan ketinggian 601 meter dpl, dan Bukit Pawon sendiri merupakan tempat penambangan batu kapur.
Panjang Goa Pawon sekitar 38 meter, lebar 16 meter dengan ketinggian yang masih belum dapat dipastikan karena atap goa dalam keadaan runtuh.
Di dalam goa terdapat beberapa rongga yang menyerupai sebuah yang dilkengkapi dengan jendela alami berukuran besar. Di tempat inilah untuk pertama kalinya ditemukan kerangka manusia purba yang dipercaya menjadi cikal bakal masyarakat Sunda.

22. Taman Bunga Cihideung

Alamat: JL. Kolonel Masturi No.223, Desa Cihideung, Kecamatan Parongrong
Koordinat: Klik Disini
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Telepon: (022) 278 5154, 082 128 575 785, 0852-1886-1522

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/tempat-wisata-di-bogor-terbaru-yang.html
Taman Bunga Cihideung (foto: outboundbandungjavawisata.wordpress.com)

Ruang terbuka yang dipenuhi berbagai jenis bunga dengan bentuk dan warna yang indah, bakal menghipnotis siapapun yang datang ke Taman Bunga Cihideung.
Meski disebut Taman Bunga, destinasi ini sebenarnya bukan merupakan taman bunga dalam arti yang sebenarnya, melainkan sebuah perkampungan tepatnya sebuah Desa yang bernama Cihideung.
Dimana hampir semua masyarakatnya membudidayakan berbagai jenis bunga dan tanaman hias untuk dijual kepada para wisatawan yang berkunjung ke desa tersebut atau dikirim ke daerah lain.
Karena budidaya bunga dan tanaman hias tersebut dilakukan oleh hampir semua warga yang mendiami area seluas 50 hektar, maka begitu memasuki kawasan ini, yang Anda saksikan adalah hamparan taman bunga yang indah dan menawan.

23. Babakan Siliwangi

Alamat: JL. Siliwangi No.7, Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.3.000
Operasional: 24 Jam
Telepon: (022) 2501394

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/tempat-wisata-di-bogor-terbaru-yang.html
Babakan Siliwangi (foto: rizkooblogsite.blogspot.co.id)

Ruang terbuka hijau yang menjadi paru-paru kota Bandung ini boleh jadi merupakan tempat wisata tertua di Bandung karena area seluas 3,8 hektar ini sejak jaman kolonialisme Belanda telah menjadi kawasan Sabuk Hijau kota Bandung yang memiliki nama Lebak Gede.
Bahkan pada tahun 1920, Babakan Siliwangi yang populer dengan sebutan Baksil telah ditata sedemikian rupa untuk dijadikan kawasan hutan kota sekaligus menjadi perkebunan terbuka untuk masyarakat.
Saat ini Baksil menjadi tempat favorit bagi masyarakat Bandung yang ingin menikmati wisata murah meria, karena tanpa harus mengeluarkan biaya transportasi, mereka sudah dapat menikmati suasana yang nyaman dengan pemandangan indah serta udara yang sejuk dan segar.
Selain itu, berbagai aktifitas wisata juga digelar secara rutin di Baksil, seperti Jogging Ria, adu kreatifitas membuat sangkar burung, berbagai lomba, festival dan pertunjukan seni, serta kegiatan yang lain.
Buat para pecinta fotografi atau mereka yang ingin menghiasi akun instagram dengan gambar-gambar pemandangan alam yang indah, di tempat ini juga banyak terdapat spot-spot menarik untuk pengambilan foto.

24. Bukit Teletubies

Alamat: JL. Siliwangi No.7, Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong, Jawa Barat
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Gratis
Operasional: 24 Jam

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/tempat-wisata-di-bogor-terbaru-yang.html
Bukit Teletubies (foto: pegipegi.com)

Dinamakan Bukit Teletubbies, karena gundukan-gundukan bukit yang ada di kawasan ini mengingatkan kita pada serial film kartun yang populer di tahun 1990-an yakni film Teletubies.
Hanya saja, karena lokasi ini masih belum dikelola secara profesional, membuat fasilitas yang representatif bagi para wisatawanpun masih belum tersedia.
Namun demikian hamparan bebukitan yang lapang dengan pemandangan alam yang indah dan masih alami, membuat Bukit Teletubies kerap dijadikan sebagai lokasi perkemahan serta tempat camping anak-anak muda, meski camping ground yang ada masih sebatas area camping alami.

25. Sanghyang Poek

Alamat: JL. PLTA Saguling, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Koordinat: Klik Disini

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/tempat-wisata-di-bogor-terbaru-yang.html
Sanghyang Poek (foto: wisatabdg.com)

Sanghyang Poek adalah goa purbakala yang memiliki batu-batu raksasa berwarna putih dengan bentuk yang unik sehingga sangat menarik untuk dijadikan latar belakang foto.
Jika masih belum cukup dengan keindahan bebatuan yang ada di luar goa, dapat menyusuri ke bagian dalam goa untuk melihat stalaktit dan stalagmit yang menawan dengan bentuk menyerupai karang di lautan.
Di dekat Goa Sanghyang Poek ini terdapat sungai dengan arus yang tidak seberapa deras dan di sungai tersebut bertebaran batu-batu besar berwarna putih yang juga sangat menarik untuk diabadikan dengan kamera.

26. Kawah Rengganis

Alamat: Desa Patengan, Kecamatan Rancabali
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.5.000
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/tempat-wisata-di-bogor-terbaru-yang.html
Kawah Rengganis (foto: dwilestariyuniawati.wordpress.com)

Selain Kawah Putih yang mempesona, sekitar kawasan Ciwidey juga memiliki objek wisata Kawah Rengganis yang juga tidak kalah keindahannya. Bahkan ada beberapa kelebihan dari Kawah Rengganis yang tidak terdapat pada Kawah Putih.
Dibandingkan dengan Kawah Putih, kawasan Kawah Rengganis lebih rindang dan asri oleh pepohonan serta bebatuan. Bau belerang yang tercium juga tidak seberapa menyengat, dan formasi bebatuan yang mengeluarkan asap juga dapat dijadikan latar belakang foto yang instagramable.
Kelebihan lain dari Kawah Rengganis, kawah yang ada di sini bercampur dengan aliran air sungai yang sangat jernih sehingga dapat digunakan untuk mandi dan menyembuhkan beberapa macam penyakit, seperti encok, rematik, penyakit kulit dan melancarkan aliran darah.
Bahkan dengan adanya geyser kecil atau mata air panas yang menyembur ke atas dan menciptakan uap panas, membuat Kawah Rengganis dapat dimanfaatkan untuk spa dan sauna alami.

27. Kampung Batu Malakasari

Alamat: JL. Raya Banjaran (Rencong), Desa Malakasari, Kecamatan Baleendah
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Paket Wisata Pelajar Rp.90.000/Orang, Smart & Creatif Rp.110.000/Orang, Goyang Leutak Rp.85.000/Orang, Lembur Kuring Rp.95.000/Orang
Operasional: 08.00 – 18.00 WIB
Telepon: (022) 72591042, 5947823

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/tempat-wisata-di-bogor-terbaru-yang.html
Kampung Batu Malakasari (foto: buahatiku.com)

Kampung Batu Malakasari merupakan kawasan wisata alam yang berada di atas lahan seluas 50.000 meter2. Mengusung konsep Geo Wisata dan Eko Wisata, berbagai fasilitas disediakan untuk memanjakan para pengunjung dan wisatawan yang berkunjung ke destinasi ini. Begitu juga dengan anjungan dan wahana yang tersedia, dari waktu ke waktu terus ditambah.
Dengan berbagai wahana dan fasilitas yang tersedia tersebut berbagai aktifitas wisata dapat dilakukan oleh para wisatawan, diantaranya melakukan wisata alam dengan mengunjungi wahana persawahan, perkebunan serta wahana danau dan bukit batu.
Berwisata edukasif dengan mengunjungi wahana rumah adat Sunda, Beternak unggas dan wahana seni budaya Sunda. Untuk yang berwisata Outbond, tersedia tersedia rumah pohon dan mini flying fox, jaring laba-laba, jembatan Loop Bridge dan Burma Bridge, jembatan goyang, panjat dinding, Kukuyuan, dan Flying fox sepanjang 120 meter.
Terdapat pula wisata Fun Games yang menarik untuk dinikmati bersama keluarga seperti Kereta mini, Trampolin, Pancingan Anak, Tangkap kerlinci, Tangkap Belut serta yang lain.
Kampung Batu Malakasari juga dilengkapi dengan kolam renang yang dinamakan Tektona Waterpark yang memiliki berbagai jenis kolam yaitu kolam Olimpyc, Kolam Ombak, Kolam Arus, Toots Pool dan Kids Pool.
Fasilitas lainnya adalah Gedung Teatrikal Serba Guna yang dipakai untuk menggelar pertunjukan dan aktifitas yang lain, serta fasilitas Food Court yang menyediakan berbagai macam masakan khas Sunda.

28. Gunung Puntang

Alamat: Desa Mekarjaya, Kecamatan Banjaran
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.4.000
Operasional: 24 Jam

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/21-tempat-wisata-di-bekasi-nah.html
Gunung Puntang (foto: liburmulu.com)

Wana Wisata Gunung Puntang merupakan salah satu tempat terbaik bagi para pelajar dan mahasiswa yang ingin melakukan aktifitas perkemahan dan camping, karena itu destinasi wisata yang satu ini dikenal pula dengan sebutan Bumi Perkemahan Gunung Puntang.
Bagi penggemar hiking, Gunung Puntang juga menjadi tempat yang menarik dan menantang untuk ditaklukkan.
Karena kisah-kisah misteri yang menyelimuti gunung ini ditambah kondisi alam yang masih alami dengan rimbun pepohonan yang tinggi serta suhu udara yang dingin membuat pendaki harus memiliki cukup nyali serta fisik yang kuat.
Namun, begitu sampai di puncaknya jerih payah yang yang sudah dilakukan, akan tertebus dengan pesona alamnya yang eksotis.
Satu lagi yang menjadi daya tarik dari gunung Puntang adalah adanya jejak sejarah zaman kolonialisme Belanda dalam bentuk Goa Belanda yang dulu merupakan stasiun pemancar radio terbesar se-Asia Tenggara dan difungsikan untuk menyebarluaskan informasi ke seluruh dunia, termasuk menyampaikan informasi ke Negeri Belanda.

29. Bukit Bintang

Alamat: Desa Mekarjaya, Kecamatan Banjaran
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Hari Biasa Rp.2000, Hari Libur Rp.3.000
Operasional: 24 Jam
Telepon: 0819-1005-4134
http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/21-tempat-wisata-di-bekasi-nah.htmlBukit Bintang (foto: tempatwisatatop.blogspot.co.id)
Pada siang hari kawasan yang berada di Wilayah Bandung sebelah utara ini memang terlihat biasa-biasa saja, namun begitu menjelang sore dan malam hari, daerah perbukitan tersebut berubah 360 derajat menjadi sebuah lokasi yang sangat mempesona.
Berada di Bukit Bintang pada malam hari seolah berada di negeri atas awan dengan kerlap-kerlip lampu kota Bandung yang berkilauan layaknya bintang-bintang yang gemerlapan. Dengan dinginnya udara malam yang menyelimuti kawasan tersebut, membuat pemandangan yang eksotis tersebut berpadu dengan suasana yang romantis.

30. Desa Wisata Kampung Pasir Angling

Alamat: Desa Sunten Jaya, Kecamatan Cibodas
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Gratis
Operasional: 24 Jam
Telepon: 0852-1886-1522

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/21-tempat-wisata-di-bekasi-nah.html
Desa Wisata Kampung Pasir Angling (foto: liputan6.com)

Seperti halnya desa-desa wisata yang lain, daya tarik yang melekat pada Desa Wisata Kampung Pasir Angling terdapat pada kehidupan masyarakatnya yang masih kental memegang adat istiadat dan mempertahankan budaya tradisional. Sehingga berbagai macam pertunjukan kesenian tradisional seringkali digelar di tempat ini, seperti musik kecapi.
Meski begitu, bukan berarti masyarakat desa anti terhadap kesenian modern, terbukti rumah-rumah yang ada di sini dihiasi dengan berbagai bentuk lukisan mural yang menghiasi dinding-dinding rumah. Lukisan-lukisan mural itulah yang menjadi objek menarik untuk berfoto selfie bagi para wisatawan yang berkunjung ke sini.
Nilai jual lain yang dimiliki Desa Wisata Kampung Pasir Angling adalah lokasinya yang berada di tepi hutan, sehingga udaranya sejuk dan segar dengan panorama indah membalut di sekelilingnya. Beberapa spot wisata juga melengkapi keindahan desa ini, seperti Batu Ngampar, Bukit Tunggul dan Curug Bellarosa.

31. Curug Bellarosa

Alamat: JL. Maribaya Timur, Desa Sunten Jaya, Kecamatan Cibodas, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.5000
Operasional: 24 Jam

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/21-tempat-wisata-di-bekasi-nah.html
Curug Bellarosa (foto: holidayvillalembang.com)

Membicarakan Desa Wisata Kampung Pasir Angling rasanya kurang lengkap tanpa menyinggung Curug Bellarosa yang juga dikenal dengan nama Curug Keraton Suntenjaya Cibodas, karena lokasi Air Terjun Keraton ini berada di wilayah Desa Wisata tersebut.
Untuk mencapai lokasi Curug Bellarosa, pengunjung harus terlebih dahulu membelah kawasan hutan pinus dengan panorama alamnya yang indah dalam waktu sekitar 30 menit dari desa Sinten Jaya.
Selanjutnya akan Anda temui air terjun yang belum banyak terjamah manusia sehingga terkesan sangat alami. Di sekitar area Curug juga dapat Anda temui gazebo dalam bentuk saung-saung tradisional yang bersih dan nyaman untuk digunakan sebagai tempat beristirahat sambil melihat keindahan Curtug bellarosa dan pemandangan di sekitarnya.
Satu lagi spot menarik yang ada di lokasi air terjun ini adalah simbol pemersatu cinta yang berupa batu besar berbentuk hati dan dikenal dengan nama Batu Cinta Bellarosa. Batu Cinta itu tempatnya di area yang kerap digunakan sebagai tempat api unggun oleh mereka yang melakukan perkemahan di sini.

32. Sendang Geulis Kahuripan

Alamat: Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalong Wetan
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.10.000
Operasional: 07.00 – 17.00 WIB
Telepon: 0852-9544-7036

http://secretbacklanes.blogspot.co.id/2018/03/21-tempat-wisata-di-bekasi-nah.html
Sendang Geulis Kahuripan (foto: wisataterindah.net)

Sendang Geulis Kahuripan adalah sumber mata air alami yang sangat jernih sehingga bebatuan, pasir, lumut-lumut dan apapun yang ada di dasar sendang akan dapat terlihat dengan jelas dari atas permukaan air.
Dengan jernihnya air itu pula membuat Sendang Geulis Kahuripan sangat menarik untuk digunakan aktifitas snorkeling serta pengambilan foto di dalam air yang tentunya bakal menarik perhatian saat dipajang di instagram.
Mendi, berenang, berendam dan menyelam di Sendang Geulis Kahuripan menjadi makin mengasyikkan karena sumber mata air ini dikelilingi perbukitan dan persawahan yang hijau dengan pemandangan yang menyejukkan mata.




1 comment: